Friday 11 December 2015

Tekan Tombol F2 Bios Tidak Bisa Muncul ?

  New Bie       Friday 11 December 2015
Di saat Os Windows dalam masalah, misalkan terkena virus mematikan, atau windows tidak layak lagi maka jalan satu satunya ialah menginstal ulang OS tercebut. Nah langkah pertama kita harus menseting bios untuk booting pertama masuk ke DVD bukan masuk kehardisk. untuk masuk ke bios kita harus menekan tombol F2 saat laptop di hidupkan, nah tombol tersebut kadang tidak berfungsi pada saat tersebut, tetapi disaat masuk ke sistem F2 aman jaya. Kita bisa mengecek tombol F2 dengan aplikasi Microsof Word yaitu dengan meneka Ctrl + Alt + F2, langkah ini untuk membuka dokumen yang tersimpan di media flashdisk, DVD dan Hardisk.

Bagaimana solusi untuk mengembalikan tombol F2 berfungsi kembali ? mungkin setingan Bios di laptop kita dalam setingan FAST BOOT. Setingan ini akan menyebabkan tombol F2 tidak bisa bekerja atau dengan kata lain posisi Bios di disable. Mengapa hal ini bisa terjadi ? apabila kita membeli laptop 2nd, si pemilik menseting Bios ke FAST BOOT agar tidak bertele tele mampir ke Bios, langsung masuk ke Os Windows. Di sini saya akan memberikan tip agar tombol F2 bisa normal kembali.
  • Silahkan Log Off dulu Laptopnya hinga 100% power Off.
  • Tekan dengan mesra tombol F2 jangan dilepaskan, ingat jangan dilepaskan bersamaan dengan itu silahkan tekan tombol power laptop.
Dan apa yang terjadi ? hamparan biru atau warna hitam bertuliskan ASUS EFI BIOS Utility - Advanced Mode sudah bisa muncul kembali. Terus terang saya pake Laptop ASUS, bila kawan kawan pake laptop lainnya kemungkina berbeda, tetapi sama kok intinya.

logoblog

Thanks for reading Tekan Tombol F2 Bios Tidak Bisa Muncul ?

Previous
« Prev Post

2 comments:

  1. Replies
    1. tiap brand beda beda Gan ... coba aja saat booting langsung tekan tombol ESC, cara ini berlaku untuk brand HP :) ,,,

      Delete