Thursday 15 September 2016

Inilah Tips Sebelum Membeli Laptop Baru

  New Bie       Thursday 15 September 2016
Spesifikasi laptop memang sangat bervariasi, itu semua tergantung dengan kebituhan penggunanya. Banyak vendor laptop terkemuka bersaing mengeluarkan produk guna memenuhi kebutuhan penggunanya, tentunya juga dengan spesifikasi yang beragam pula. Nah, sebagai calon pembeli yang sebelum membeli laptop baru, kita harus merencanakan laptop yang high end atau low end. Dengan itu kita dapat mempelajari dan memahami kemampuan laptop dengan kebutuhan kita. Jika kebutuhan laptop untuk sekedar menyimpan file, mengetik dan multimedia kita bisa membeli laptop yang biasa dengan harga yang terjangkau. Berbeda dengan kebutuhan grafis yang tinggi seperti desain grafis, edit video dan gamer tentunya kita memilih laptop yang berspesifikasi tinggi, tentu pula harus merogoh kocek yang agak-agak dalam lagi. Sebelum membeli laptop baru tentunya silahkan di pahami dulu spesifikasi harware yang mendukung laptop tersebut, seperti :

Processor
CPU atau Central Processing Unit terdapat sebuah otak komputer yang berbentuk tipis yaitu proseccor. Hardware satu ini mempunyai peranan yang sangat vital sekali, dimana proseccor mempengaruhi kinerja dari CPU atau laptop. Proseccor ada jenis yang populer di Indonesia bahkan dunia yaitu Intel dan AMD, keduanya pun mempunyai keunggulan sendiri-sendiri. Laptop yang mempunyai spesifikasi tinggi pasti mempunyai performa yang tinggi pula tapi dengan resiko daya baterai agak boros dibanding dengan laptop lowend.

Random Access memory [ RAM ]
Hardware satu ini juga mendukung kinerja laptop, sebelum membeli laptop baru perhatikan apakah laptop tersebut mempunyai akses yang mudah ke slot memori atau tidak. Biasanya harware satu ini sering di Upgrade menurut kebutuhan pengguna karena tuntutan dari Sistem yang terinstal di laptop tersebut. Intinya kita bisa mengganti memori yang sebekumnya hanya standar bawaan dari vendor laptop di upgarde ke memori yang lebih gedhe kapasitas memorinya.

Hardisk
Hardisk mempunyai fungsi untuk terinstalnya sistem os yang akan menghidupkan laptop yang akan kita beli, selain itu juga untuk menyimpan file file penting penggunanya.  Biasanya laptop baru dari semua vendor terkemuka  di tahun 2016 sudah memiliki hardisk berkapasitas besar yaitu 500 Giga, ada pula ynag lebih dari itu. Semakin besar kapasitas hardis dari laptop bisanya akan menambah nominal harga dari laptop tersebut.

VGA
Kita membeli laptop sebetulnya untuk apa ? office, grafis, video dan gamer ? Inilah yang harus kita ketahui dulu. Bila berkeinginan membeli laptop untuk grafis, render video bahkan gamer maka bisa tidak bisa kita harus membeli laptop yang memiliki VGA dengan performa yang baik. Lihat dulu spesifikasi dari laptop tersebut apakah masih onboard bawaan dari laptop atau sudah di sisipkan vga ternama seperti nVidia dan ati radeon. Kedua vendor tersebut juga mempunyai tipe tipe yang rendah sedang dang tinggi, semakin tinggi tipe dari series vga itu akan menunjang pula performa saat kita gunakan untuk bermain game dan render video.

Merk
Kalau saya pribadi merk laptop itu pilihan belakangan, yang terpenting adalah service center dan garansi ada, mubadzir bila membeli laptop tercanggih di dunia kalau ketersediaan service tidak seperti yang diinginkan konsumen. Alangkah baiknya sebelum membeli laptop baru tanya-tanya dulu ke toko laptop terdekat dan jangan malu, ibaratnya sedia payung sebelum hujan. Selain itu jalan-jalan ke forum terkenal misalnya kaskus, cari topik yang mengulas tentang laptop pasti akan ada solusi yang tepat. Jangan mudah terpengaruh kata teman, merk A lebih bagus dari pada si B, padahal belum tentu merk A itu bagus si B,

Garansi Resmi
Pikirkan dulu garansi laptop sampai 3 tahun, dengan garansi yang panjang pasti kita akan aman apabila terjadi kerusakan yang tidak kita hendaki, tapi ingat diatas ! carilah servise center yang mudah, jangan cuman garansi panjang tapi garansinya bikin pusing, alias repot. Pilih garansi resmi dari vendor laptop tersebut, jangan sampai terkecoh dengan iming iming garansi distributor. carilah distributor vendor laptop yang terpercaya.

Semoga bermanfaat ....
logoblog

Thanks for reading Inilah Tips Sebelum Membeli Laptop Baru

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment