Tuesday 29 December 2015

Tips Agar Hardisk Awet Dan Aman

  New Bie       Tuesday 29 December 2015
Sebenarnya didalam sebuah laptop atau PC hardware saling berkaitan atara yang satu dengan yang lainnya. Prosesor tanpa board tidak akan bisa jalan, ram tanpa board tidak bisa jalan, hardisk tanpa board tidak bisa jalan dan kaitan lainnya. Tapi saya mengambil salah satu hardware, yaitu Hardisk. Hardware tersebut merupakan alat vital didalam sebuah laptop atau PC, dengan kata lain hardisk mempunyai posisi terpenting.

Dengan hardisk sistem suatu operasi bisa berjalan, dengan hardisk semua driver hardware bisa berfungsi. Selain itu juga Hardisk juga mempunyai fungsi tempat penyimpanan dokumen-dokumen penting. Dari peranan tersebut saya menyimpulkan Hardisk adalat alat yang paling di percaya oleh suatu laptop atau PC.

Nah bagaimana sih cara merawat hardisk ? hardis tidak perlu dielus elus seperti cewek kita, cara merawat hardisk relatif mudah.
  1. Log Off, Bila ingin mematikan laptop atau PC lakukan langkah yang benar yaitu dengan cara mematikan lewat shut down. bila menggunakan Shut Down otomatis hardisk sudah posisi refresh siap untuk di matikan. Bila kita mematikan lewat tombol off kemungkinan besar hardisk masih bekerja dan di paksa untuk off oleh pemiliknya, langkah tersebut lama kelamaan akan berakibat jelek kepada hardisk laptop atau PC.
  2. Disk Defragmenter, Disk Defragmenter mempunyai fungsi mengatur atau menata file yang ada di harddisk supaya seperti waktu mengsinstal OS baru. Jadi sofware, driver dan file didalm sistem C terta ta seperti sedia kala. Dengan begitu Sistem dapat memangil suatu driver lebih cepat, jika file file tersebut tidak tertata dengan rapi. Bila kita sering membuka aplikasi secara otomatis OS mencari space hardisk yang masih kosong, nah kalau spasenya kurang maka dampaknya sisetem akan lambat.
  3. Kipas, jangan sepelekan fungsi kipas di sebuah laptop atau PC. Hardisk selalu berputar menurut kecepatan hardisk tersebut. Misalnya hardisk mempunyai spesifikasi 5400 RPM, jadi dalam 1 menit mempunyai kecepatan 5400 putaran, semakin besar RPM hardisk akan samakin cepat berputar. Maka dampak dari hal tersebut hardisk akan panas, bila panas tidak ditanggulangi hardisk cepat TKO.
  4. Ruang Sistem C, maksimalkan ruang sistem C agar sedikit lebih lega, jangan terlalu kekecilan dalam mempartisi sistem C. Setiap kita meninstal dan membuka aplikasi pasti ada sampah sampah file tersebut yang masuk di folder temp. Folder tersebut dengan sendirinya akan penuh tanpa kita ketahui, nah setiap seminggu sekali sebaiknya dibersihkan manual atau dibersihkan menggunakan sofware pembersih Sistem, sebagai contoh CCleaner.
Mungkin diatas adalah sedikit bagaimana cara agar hardisk awet dan aman dari kerusakan yang akan merogoh kocek di dalam celana kita, semoga bermanfaat.
logoblog

Thanks for reading Tips Agar Hardisk Awet Dan Aman

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment