Thursday 22 February 2018

Memperbaiki RAM Mati Dengan Cara Aneh

  New Bie       Thursday 22 February 2018
Kita pasti semua tahu, RAM adalah bagian penting dari sistem komputer maupun laptop, apabila hardware satu ini sudah wafat, layar akan nge-blank dan ada tanda beb dari motherboard. Jika speaker kecil tidak terpasang, mungkin kita mengira motherboardnya TKO.


Jika hal ini terjadi pada komputer kita, silahkan ber-exsprimen untuk memperbaiki RAM yang diindikasi sudah mati. Saya sendiri sudah membuktikan dengan memperbaiki manual, 2 ram DDR3 saya selamatkan, walaupun beberapa diantaranya tidak terselamatkan.
  • Caranya memanggang RAM ke dalam Microwave
  • Memanggang memakai kompor gas beralaskan lempengan tembaga tipis (wajan)
  • Memanasi menggunakan blower Reflow HP dibantu cairan Fluks
Memanggang atau memanaskan RAM yang sudah mati dengan suhu panas yang tinggi dapat mengembalikan bahkan memperbaiki sambungan solder di PCB. Memperbaiki disini bertujuan agar bisa bergabung kembali seperti semula. Ada 8 IC yang tertempel pada RAM yang mempunyai kaki sangat kecil, bila dilihat kasat mati pastinya tidak bisa.

Pemakaian RAM yang sudah bertahun-tahun tanpa kita sadari salah satu kaki dari IC tersebut lepas dari PCM RAM, akhirnya ram tidak bisa bekerja. Selain itu ada R kecil dibagian bawah, bisa saja timah atau kaki lepas tanpa kesengajaan, Hal beginilah kadang kita abaikan dan menganggap bahwa IC atau resistor kecil RAM sudah mati.

Sebelum memanggang atau memanaskan RAM sebaiknya diberi cairan Fluks, cairan ini berfungsi unutk melindungi IC karena efek panas. Langkah-langkah harus dilakukan dengan hati-hati ! menggunakan Blower Reflow bisa mencopot IC kecil karena alat ini bisa mengeluarkan panas sekitar 400 derajat. Silahkan saja meminta bantuan kepada teman servis HP untuk me-reflow RAM yang sudah mati. Dibawah ini langkah untuk memperbaiki RAM menggunakan oven.
  1. Panaskan Oven dengan suhu minimum 150 C selama 3-5 menit, jangan menggunakan Oven Microwave pemanggang roti karena dapat merusak Printed Circuit Board RAM
  2. Bungkus RAM menggunakan kertas alumunium foil. Ram dibungkus terpisah yang sebelumnya sudah diolesi dengan cairan fluks
  3. Perbaikan: Menurut saya oven Anda harus siap dipanggang sekarang. Jadi, inilah saat ketika Anda perlu memasukkan Stick RAM Anda langsung ke oven dan mengatur timer selama sekitar 2 menit pada suhu 200 derajat C, dan setelah 2 menit selesai, tambahkan panasnya sekitar 230 Gelar C selama 2 menit lagi
  4. Masukkan RAM yang sudah terbungkus ke dalam micorwave. Ubah suhu menjadi 200 derajat selama 2 menit. Panaskan lagi selama 2 menit dengan suhu 230 derajat
  5. Bila sudah selesai, jangan jangan diambil dulu, biarkan dingin
Cobalah RAM yang sudah dipanggang tadi ke komputer, jika berhasil ram masih bisa digunakan kembali. Dengan cara ini kita hemat uang Empat Ratus Ribu Rupiah.

Cara diatas dilakukan karena RAM sudah terindikasi mati, jangan dilakukan jika RAM masih bisa digunakan. Jika masih ada garansi silahkan sobat kembalikan agar mendapatkan servis dari brang RAM sobat.
logoblog

Thanks for reading Memperbaiki RAM Mati Dengan Cara Aneh

Previous
« Prev Post

2 comments: