Sunday 18 February 2018

Mengetahui Gejala Awal Laptop Terinfeksi Virus

  New Bie       Sunday 18 February 2018
Pernahkah mengalami perubahan laptop kesayangan kita ? disini bukan perubahan bentuk yang disulap menggunakan stiker. Permasalahan aneh terjadi di dalam OS yang kita pakai berbeda dengan hari-hari sebelumnya.

Untuk pengguna awam pasti tidak merasakan perubahan yang signifikan, tetapi bila kita sering bermain-main dengan OS maka akan mersakan sekali gejala dini laptop terinfeksi virus.
Mengetahui secara dini laptop terinfeksi virus pasti bisa menjadi pengalaman tersendiri, daripada OS terlanjur terinfeksi lebih baik kita mengatisipasi sebelumnya.

SLOW RESPONDING
Gejala awal laptop terinfeksi virus bisa ditandai dengan OS yang terinstal menjadi lamban. hal ini bisa diketahui pada saat membuka sofware atau merefresh halaman. Untuk lamban karena RAM memori biasanya akan pulih dengan sendirinya, mungkin kita membuka beberapa aplikasi secara bersamaan, hal ini menjadi lamban mungkin hal biasa.

Akan tetapi aplikasi tidak kita gunakan saat merefresh atau membuka aplikasi kursor mouse hanya berputar putar menunggu agak lama aplikasi bisa dibuka maka kita harus waspada, mungkin ada virus yang meng-infeksi semua exe di OS yang kita instal.

EXPLORER MACET ! CTRL+ALT+DEL MOGOK
Saat virus menginfeksi ektensi exe, kadang key Ctrl+Alt+Del tidak berfungsi, mungkin hanya dengan jalan pintas menekan tombol power untuk mematikan laptop. Langkah mematikan laptop tidak sesuai dengan prosedur maka akan memeperpendek umur hardware didalamnya, contohnya saja hardisk. Ada juga virus yang membunuh explorer.exe, maka sistem OS akan lumpuh total, langkah untuk memeperbaiki harus menginstal ulang OS.

Bukan itu saja, kita harus menscan kembali aplikasi yang ada di hardisk menggunakan anti virus yang bagus, jika tidak mungkin masalah ini akan kembali lagi tanpa pemberitahuan sebelumnya :) ....

NGE-HANK MENDANDAK
Inilah yang sering terjadi, secara tiba-tiba laptop atau komputer ngehang sendiri, keyboard tidak befungsi, kursor mouse bisa digerakkan, task manager di disabled dan masalah lainnya. Apabila kasus sudah begini, mungkin virus meng-infeksi, OS mengalami masalah serius.

FOLDER DENGAN EKTENSI EXE
Padahal tidak send folder ke dekstop atau membuat folder baru di dekstop, anehnya folder tersebut memiliki ektensi EXE. Kalau dibiarkan masalah ini akan terus menerus begitu, virus ini termasuk virus shortcut. Jangan biarkan virus shortcut bisa menginfeksi jutaan file EXE dan DLL, file ini merupaka ektensi dari program yang terinstal di program file atau EXE di system 32.

Mungkin diatas sedikit dari gejala awal laptop terinfeksi Virus. Perlu diketahui juga, virus memiliki ciri ciri tersendiri ketika sudah bisa meng-eksekusi semua EXE, bahkan bisa juga mengekseskusi file audio video. Semoga bermanfaat ...

logoblog

Thanks for reading Mengetahui Gejala Awal Laptop Terinfeksi Virus

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment