Sunday 4 March 2018

Cara Merakit PC Jaman NOW

  New Bie       Sunday 4 March 2018
Merakit komputer dekstop suatu pekerjaan yang menyenangkan, karena bisa mengetahui lagi seluk-beluk hardware yang kita beli. Tapi bagi sobat yang masih awam merakit PC suatu hal sangat sulit untuk dikerjakan.

Bisakah Sobat merakit PC sendiri ? jawaban tidak bisa mungkin sobat yang tidak ada keinginan untuk bisa merakit PC sendiri, maaf sedikitnya tahu tentang merakit PC. Sobat ada uang pasti dapat membeli PC apapun, hingga PC gaming tingkat dewa. Jawaban Bisa untuk merakit PC pastinya menjadi kebanggan tersendiri, bangga kita bisa merakit PC dan keuntungannya bisa menekan biaya pembelian hardware untuk merakit PC.


Sebelum merakit PC, sobat harus mengetahui isi atau harware yang ada di dalam sebuah PC, berikut hardware-hardware sebelum merakit sebuah PC ;
  1. Processor
  2. Heatsink
  3. Cream Processor
  4. Motherboard
  5. Hardisk
  6. Kabel Sata
  7. Random Access Memory [ RAM]
  8. Casing CPU
  9. Power Supply
Nah sobat, diatas hardware yang harus sobat beli untuk merakit sebuah PC, untuk VGA, soundcard dan lancard tidak saya masukkan. Ketiga hardware tersebut sudah sepaket dengan Mobo, tapi jika sobat ingin menggantinya bisa membeli sesuai dengan kecepatan PCI Express motherboard. Berikut cara merakit komputer jaman NOW;

Memasang Processor
Sebelum memasang processor perhatikan dulu brand dari processor, apakah sobat memakai brand dari Intel atau AMD. Kedua brand tersebut harus disesuaikan dengan moherboardnya, jangan samapi keliru menggunakan processor Intel tapi membeli Mobo AMD, saya tanggung 100% tidak bisa. Selain itu harus mengetahui processor jenis LGA775 atau LGA1150, hal ini harus disesuaikan dengan socket mother board yang kita beli. Berikut cara memasang Processor :
  1. Buka dulu kancingan socket tempat processor di motherboard, dengan menekan besi kebawah di sisi kancingan socket agar terlepas. Nanti besi penekan bisa di angkat dengan menariknya keatas.
  2. Pasang Processor ke socket tempat processor di motherboard, sesuaikan dengan dudukan kaki processor di socket tersebut. Dudukan kaki LGA775 atau LGA1150 itu berbeda tapi ada tanda khusus agar bisa pas dipasang di socket motherboard.
  3. Kembalikan kesemula kancingan socket seperti saat membukanya. Kancingan socket berfungsi untuk menekan proseccor agar kencang tertancap di tempat socket motherboard.
Memasang Heatsink
Heatsink befungsi sebagai pendingin processor agar suhu processor saat bekerja bisa terjaga. Setiap pembelian paket heatsink sudah disertakan kipas diatasnya. Pilih heatsink yang mutunya bagus, karena untuk menemani processor agar tidak gampang panas.

Heatsing mempunyaik 4 kancingan kunci yang bisa diputar kekiri untuk membukanya. Sedangkan untuk mengunci ketika tertancap dilubang motherboard dengan memutarnya kekanan. [ searah jatum jam] Berikut cara memasang Heatsink :
  1. Putar kekiri semua kancingan atau kunci agar pastikk ditengah kancingan bisa di geser keatas dan kebawah, jika kondisi pembelian baru kancingan tersebut dalam kadaan terkunci. Ciri-ciri kancingan heatsink terbuka plastik putih yang ada di tengah kancingan bisa ditaris keatas dan kebawah.
  2. Langkah satu sudah sukses terpasang, tancapkan kabel arus heatsink ke socket putih motherboard, letaknya disisi dari processor. Kabel arus heatsink memiliki tiga warna yaitu Hitam, Merag dan Hitam kebiruan. Harap dipasang PAS sesuai dengan prosedur, jika ada kesalahan kedua socket tersebut tidak bisa dipasang, ada bentuk khusus agar socket bisa terpasang.
Memasang Random Access Memory
Memasang processor dan heatsik sudah terselesaikan langkah selanjutnya memasang Random Access Memory  [RAM] ke socket dim motherboard. RAM mempunyai tipe sendiri-sendiri, dari DDR 1,2 dan 3 serta ukuran PC memory dari PC 2400, 2133, 3200 dan seri lainnya. Ciri-ciri DDR 1, 2 dan 3 memiliki bentuk yang berbeda, perbedaan bisa dilihat dari lekuan kecil yang ada ditengan gigi timah yang ada di Random Access Memory. Berikut cara memasang Random Access Memory ;
  1. Pastikan pemasangan tipe DDR sesuai dengan spesifikasi motherboard
  2. Buka kunci di slot DDR mother board dengan menarik kesamping kunci/kancingan RAM.
  3. Sesuaikan lekukan di gigi RAM dengan socket RAM di motherboard, sesuaikan agar bisa tertancap dengan benar.
  4. Jika sudah terpasang, kunci DDR dengan menarik kembali kunci tandi ke posisi semula hingga berbunyi KLIK ! Pastikan RAM benar-benar terkunci.
Memasang Motherboard ke Cashing PC
Memasang processor, heatsink dan Random Access Memory sudah sukses saatnya memasang motherboard ke rumahnya [cashing cpu]. Sebenarnya tanpa cashing PC bisa dihidupkan, tapi pasti akan mudah kotor bahkan rawan terkena air, kejatuhan barang sescara tidak sengaja. Cashing befungsi untuk rumah dari motherboard, hardisk, dan harware didalamnya. Berikut cara memasang motherboard pada cashing yang baik dan benar ;
  1. Buka tutup kiri dan kanan cashing CPU dengan mencopt dengan obeng mur baut yang ada di belakang dan samping cashing.
  2. Masukkan motherboard kedalam cashing, sesuaikan lubang dudukan mur baut sesuai dengan lubang motherboard
  3. Langkah 2 sudah sukses lalu kencangkan satu persatu mur baut yang sudah tersedia menggunakan obeng gigi Plus [sesuai dengan lubang mur baut apakah plus atau min] Biasanya mur baut tersedia sat pembelian motherboard maupun cashing.
Memasang Power Supply ke Cashing PC
Power supply berfungsi untk mengirim daya ke setiap hardware didalam CPU. Pilihlah Power Supply yang bagus untuk menjaga preforma dan umur CPU yang akan kita buat. Pemasangan daya harus hati-hati, jangan samapai terbalik saat pemasangan daya ke hardware, pemasangan keliru akan membuat hardware menjadi rusak. Pasang Power Supply sesuai dengan tempat yang telah disediakan dari chasing CPU, baut dengan scrup dampai kecang untuk menghindari goncangan atau hal-hal yang tidak dinginkan. Output daya konsumsi Power Supply sekitar DC 3,3 V, 5 V, 12 V.
  1. Sambung kabel 4 din dari power supply ke konektor ATXPWR 2 motherboard
  2. Sambung kabel 24 din dari power supply ke konektor ATXPWR 1 motherboard
Memasang Kabel On-Off
Jangan mengira kalu sudah memasang kabe ATXPWR 1 dan ATXPWR 2 PC langsung hidup, kedua soket tersebut menunggu perintah untuk menghidupkan PC. Setiap membeli cashing sudah ada kabel beberapa kabel yang nantinya disambungkan ke motherboard. Kabel tersebut antara lain, Kabel On-Off, Kabel Reset, kabel USB dan kabel Audio onboard dari motherboard.

Socket di motherboard sudah disediakan untuk disambung ke kabel cashing. Keterangan setiap motherboard mungkin berbeda-beda, disini saya memberi contoh untk motherboard Biostar.

Socket Panel 1berfungsi untuk koneksi kabel kabel On-Off . Sesuai keterangan diatas, beberapa kabel ditempatkan di socket Panel 1 sesuai dengan nama conektor hitam dari cashing. Semua sudah ada tandanya, jadi sudah FIX dimana harus di koneksikan.

Memasang Hardisk ke Cashing PC
Selesai memasang kabel power langkah selanjutnya memasang kabel hardisk ke motherboard. Kabel tersebut ada dua macam, SATA dan ATA. Untuk jenis hardisk sekarang kebanyak memiliki koneksi kabel SATA. Untuk hardisk jadul menggunakan koneksi kabel ATA [IDE]
  1. Pasang dahulu hardisk ke cashing, tempat sudah disediakan.
  2. Sambung kabel SATA dari hardisk ke Motherboard, pilih SATA 1 atau SATA 2 karena hardisk untuk primary [ hardisk system ]
  3. Sambung kabel power dari power supply berwana hitam ke hardisk. Kabel ini sudah disediakan dari power supply, misal belum ada silahkan kontak dengan toko komputer terdekat.\
  4. Jika hardisk support kabel ATA, koneksikan kabel IDE ke motherboard. Tempatnya disekitar konektor ATXPWR 1, dengan keterangan IDE 1.
  5. Langkah diatas berlaku untuk DVD room
Jika pemasangan diatas sudah selesai berarti PC sudah siap dihidupkan selagi pemasangan tidak ada yang keliru.
  • Tutup casing dan silahkan dicoba.
Tambahan lain yaitu VGA exsternal, LAN dan Souncard. Motherboard sudah menyediakan tempat untuk memasang VGA, yaitu PCI Express. Disinilah sebagai sarang dari VGA exsternal, ingat! PCI harus disesuaikan dengan jenis dan kecepatan VGA dari PCI 16x atau 2.0. Untuk Soundcard ditancapkan di PCI biasa, tempatnya dibawah PCI express.

Maaf, saya tidak menyertakan gambar untuk memastikan keterangan dari langkah-langkah diatas. Tapi suatu saat akan saya update jpeg Cara Merakit PC Jaman NOW, terima kasih.
logoblog

Thanks for reading Cara Merakit PC Jaman NOW

Previous
« Prev Post

2 comments: