Tuesday 12 January 2016

Mengenal Tanda-Tanda Motherboard Mati

  New Bie       Tuesday 12 January 2016
Motherboard mati karena disebabkan beberapa faktor oleh si empunya sendiri. Kadang lupa memperhatikan kebersihan board oleh debu debu yang menempel, lama kelaman debu tersebut akan mengeras dan membuat konslet kaki komponoen di dalamnya. Periksalah setiap bulan dari debu yang terbawa oleh kipas, hal sepele seperti ini dapat juga menyebabkan board dan perangkat keras lainnya dapat mati.
Suplai listrik yang naik turun juga dapat menyebabkan board mati, bukan itu saja hardisk juga terancam kesehatannya. Alangkah baiknya gunakanlah stavolt yang ampernya diatas power supply komputer Anda. Menurut pengalaman saya sendiri memakai stavolt juga tidak menjamin kalau tegangan listrik di daerah anda jelek. Contohnya saja di daerah saya, apabila malam tegangan haya 160 volt saja kalau siang sih wajar paling 220 minim 200 volt, makanya saya sendiri sering mengalami kerusakan hardisk dan motherboard. Alhamdulillah sekarang sudah aman setelah travo induk untuk area saya sudah diganti oleh pihak PLN.

Kipas CPU yang tidak berfungsi juga akan membunuh board juga, mengapa tidak prosesornya dulu yang mati ? Biasanya kalau posesor panas berlebihan otomatis board restrat sendiri, apabila hal tersebut terus menerus lama kelamaan board akan mati juga disebabkan oleh panas yang dari prosesor.

Power supply bisa menjadi faktor kerusakan board, apalagi didalam CPU tersebut terpasang beberapa perangkat keras yang melebihi daya dari power supply. Contohnya memasang lebih dari 1 atau 2 hardisk, soundcard, Vga ekternal, tv internal dan lan caard. dari sisi tersebut bukan hardisk juga yang terancam, tapi power supply juga terancam ksehatannya.

Adapun ciri ciri motherboard mati sebagai berikut :
Apabila tombol  On di hidupkan hanya kipas power supply saja yang hidup, untuk prosesor hanya bergerak sebentar lalu tidak berputar.
Yang pasti tidak ada signal ke monitor tapi kalau power suplly tidak berputar berarti kasus bukan di boardnya, bisa juga power supply bermasalah.
Terdengar beep seperti memry mati, hal ini belum saya rasakan karena sewaktu saya membuat CPU pasti microphone tidak saya pasang he.he.he. 
Barang elektronik pasti tidak luput dari kerusakan, saya berulang kali mengalami hal tersebut. Tapi sampai sekarang masih punya CPU memakai Board Asus P5GC-MX/1333 yang langgeng sampai sekarang. Padahal power supply hanya bawaan dari cashing dan saya tidak pernah memakai stavolt. Mungkin hanya itulah yang dapat saya tuliskan di Blog Si Dukun Kompi, itulah pengalaman saya sendiri.
logoblog

Thanks for reading Mengenal Tanda-Tanda Motherboard Mati

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment