Sunday 19 June 2016

Tips Agar Baterai Laptop Tidak Mudah Rusak

  New Bie       Sunday 19 June 2016
Saat ini laptop telah menduduki peringkat teratas daripada komputer PC mungkin saja karena tuntutan pekerjaan, tuntutan untuk belajar dan tuntutan dunia online. Menggunakan laptop juga tidak memandang tempat dimana akan dihidupkan, karena mudah dibawa kemana-mana. Apalagi sekarang sudah jamannya internet, sekali sentuh informasi dan hiburan sudah ada didepan mata. Itulah laptop, ibaratnya seperti handphone bisa dibawa kemana-mana tanpa harus membawa arus listrik.

Perlu diketahui laptop tidak lepas dari bateri untuk menghidupkannya, ketika diluar baterai berfungsi untuk power, jika baterai habis maka laptop tidak berfungsi sama sekali. Maka usahakan ketika akan beraktifitas diluar kantor, sebelumnya harap di changer hingga penuh untuk menghindari low bat. Berbeda dengan beraktifitas didalam kantor, tersedia arus listrik dikantor, laptop bisa dichanger setiap saat.
Membiarkan laptop tetap terhubung adapter tanpa melepas baterai tidak akan merusak atau mempengaruhi umur baterai karena setiap baterai pada laptop sudah dirancang sedemikian rupa sehingga saat baterai sudah penuh atau 100% charged, baterai akan berhenti menerima energi. Dengan kata lain, energi yang dialirkan dari adapter akan di-bypass langsung menuju sistem power supply laptop.

Apa yang harus dilakukan agar baterai laptop tidak mudah rusak ?
  • Saat membeli laptop baru, changer dulu baterai sekitar 8-10 jam.
  • Usahakan jangan sampai laptop mati karena kehabisan daya, apabila baterai sudah menunjukkan daya 5% silahkan dichanger.
  • Jika Anda hobi gamer silahkan dipasan kipas pendingin portable dibawah laptop, karena bisa berimbas pada baterai dan harware didalam laptop. Setiap penggunaa normal pasti laptop biasa saja, sebaliknya laptop mengeluarkan panas berlebih, melepas baterai laptop sangat diperlukan untuk memperpanjang umur baterai. 
  • Jangan sampai kahabisan baterry hingga 0%, usahakan bila sudah 5% buru-buru di chanegr. Baterai jaman sudah canggih, beda sama laptop jadul, ketika changer sudah full "plugged in not charging" otomatis power suplly laptop bekerja untuk mengalirkan daya ke laptop. Nah saat itu baterai st-by, tidak langsung men-suplly ke laptop, listriklah yang berperan.
Tips Agar Baterai Laptop Tidak Mudah Rusak adalah misteri pagi pengguna laptop, saya sendiri pake laptop sering ngerasin baterai TKO ! namanya juga buatan manusia. Malah saat ini gak pernak pake baterai :) langsung dari listrik ditambahi UPS dan stavolt matsugawa, alhamdulillah tetep aman hingga saat ini...
logoblog

Thanks for reading Tips Agar Baterai Laptop Tidak Mudah Rusak

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment