Thursday 14 December 2017

Penyebab OS Windows Bootloop [gagal booting]

  New Bie       Thursday 14 December 2017
Ujian datang lagi untuk CPU buat kerja dirumah, 2 unit sekaligus masih terkapar tak berdaya diruang kerja. Sekitar 1 minggu yang lalu pulang kerja mau aktifitas lagi di dean komputer, langsung saja pencet power dan say turun lagi membuat kopi. Saya tunggu beberapa saat koq cuman logo windows hanya loading terus, waaah :( pasti ada masalah CPU saya nih. Betul sekali ! tepat sekali ! ternyata CPU saya gagal booting.

Saat itu jagu cari obeng universal, saya bongkar, saya bersihkan VGA Zotac, soundcard ESi audio, memory dan socket tempat hardware tersebut. Untuk membersihkan saya percayakan kepada alkohol 80%, biar debu2 yang melekat dikaki-kaki IC biard bisa hilang dalam sekejab. Langkah demi langkah selsai dan saya coba lagi, dan masih sama :( logo windows hanya loading terus, waaah :( pasti ada masalah CPU saya nih. Betul sekali ! tepat sekali ! ternyata CPU saya gagal BunTing ...
Detik dan menit terus berjalan, masih mencari penyebab dari masalah ini, akhirnya pandangan mata jatuh ke memori modul Visipro DDR3 4 GB PC 12800 ! langsung  lari kerumah adik yang jaraknya sekitar 2.5 KM untuk pinjem memory untuk mengecek kepastian tewas dan tidaknya. Sudah dapat pinjaman memori langsung saya tancapkan di socket mainboard dan hasilnya, BERHASIL ! ! !
Penyebab OS Windows Bootloop [gagal booting] ? Ram Memory Menjelang Ajal !
Mengapa bisa digunakan ? Belum sepenuhnya mati !
Kalau Ram Memory sudah mati ? tidak bisa loading ke BIOS, dan ram tidak bisa difungsikan !
Kesimpulan :

Hardware disini buka untuk PS, VGA, lan card, sound card dan motherboard. Pengalaman saya membuktikan bahwa Ram Memory menjelang ajal Penyebab OS Windows Bootloop [gagal booting]. Untuk ke 5 hardware diatas pastinya mempunyai ciri-ciri tersendiri ketika hardware sedang bermasalah, VGA ditandai dengan pecahnya visual di layar led [penampilan 16bit]. Soundcard tidak bisa mengeluarkan audio ketika memutar file vidoe maupun audio. Land card tidak berfungsi ketika untuk dihubunkan dengan koneksi internet. Kopi yang saya buat lupa tidak saya minum, jadinganya Kopi Adem.
logoblog

Thanks for reading Penyebab OS Windows Bootloop [gagal booting]

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment