Tuesday 16 August 2016

Cara Memperbaiki Pesan Eror Windows has detected a hard disk Problem

  New Bie       Tuesday 16 August 2016
Waktu buka laptop ada pesan lagi dari windows "Windows has detected a hard disk Problem", waduh berarti hardisk sudah aus dan harus ganti yang baru. Rasa galau terus menyelimuti hati, gak tanggung-tanggung :( hardisk 500gb penuh dengan data-data penting bakal hangus ilang tersambar petir. Pesan tersebut juga ngaruh ke laptop, speed jadi agak lemot  gak seperti bisanya. Pesan tersebut ternyata memberitahukan bahwa hardisk dalam keadaan koma atau ada yang bad sector, sebenarnya pesan tersebut juga membantu kita agar segera menangani bad sector tersebut.


Mengapa ada pesan Windows has detected a hard disk Problem ?, berikut faktor-faktor penyebabnya :
  1. Biasanya, kesalahan ini disebabkan oleh hardisk dan belum dapat dihasilkan oleh kesalahan sistem, seperti keslahan registri,penurunan kinerja RAM, memasang program berlebihan, virus, malware, kesalahan sistem, dll. Untuk menanggulangi masalah sistem tersebut kita bisa mencoba system restore dan membersihkan file sampah sistem manual atau menggunakan aplikasi.
  2. Harddisk adalah otak komputer yang bertanggung jawab untuk penyimpanan data, tentunya juga masalah tersebut mengancam data yang ada di hardisk. Dengan adanya pesan tersebut kita bisa memperbaiki agar tidak kehilangan data-data penting yang ada di hardisk kesayangan kita.
  3. Bisa juga laptop terinveksi virus walaupun kita sudah memasang anti virus terbaik. Secara teori, laptop tidak akan terinfeksi virus selama selama kita memasang anti virus yang cukup kuat, tapi ingat juga ! Anti virus tersebut juga tidak menjamin untuk mengamnankan virus yang masuk kesistem.
Bagaimana cara memperbaiki pesan Windows has detected a hard disk Problem ? berikut cara mengatasinya menggunakan Command Prompt :
Dengan bantuan comand prompt. Silahkan cari di program menu windows system, klik kanan comand prompt pilih run administrator. Silahkan ketik sfc /scannow dan enter. tunggu hingga eksekusi selasai.
Masih dengan comand prompt, cara masih seperti diatas, silahkan ketik chkdsk C: , D: , F: dan partisi lainnya. Contoh : C:\Windows\system32>chkdsk E: /f , untuk E partisi yang mau di chkdsk.
logoblog

Thanks for reading Cara Memperbaiki Pesan Eror Windows has detected a hard disk Problem

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment