Saturday 28 November 2015

Macam Macam Hardisk

  New Bie       Saturday 28 November 2015
Hardisk adalah tempat media penyimpanan di dalam komputer, dengan kata lain hardisk mempunyai fungsi sumber daya penyimpanan berbagai data di komputer. Pada tahun 1956, IBM mengeluarkan hardisk IBM 350 yang mempunyai kapasitas hanya 3.75 Mb dengan berat 2000 lbs atau 1 ton. Sekarang micro SD ada yang berkapasitas 128 GB dengan berat hanya 1 Mg, tidak bisa kebayang bukan ?

Hardisk pada saat ini (2015) umum beredar di pasaran antara 250 GB sampai 2 TB, pada umumnya laptop atau komputer untuk saat ini telah terpasang hardisk berkisar antara 250 GB sampai 500 GB. Ada juga laptop yang mengeluarkan produk dengan kapasita hardis 1 TB yaitu produk dari LENOVO ThinkPad Edge E450-0RIA.

Tahun demi tahun perkembangan hardisk selalu mengikuti berkembangnya tehnologi, berikut macam macam hardisk;

1. Hardisk ATA / EIDE
Hardisk ATA [ Advanced Technology Attachment) ] dan EIDE [ Enhanced IntegratedDrive Electronic ] adalah seri standar di masanya, hardisk agak tebal dan mempunyai koneksi IDE dan ada jumper master dan slave dibelakangnya.

2. Hardisk SCSI
Hardisk SCSI lebih mahal dibanding dengan hardisk ATA, tapi performnya lebih baik. Di dalam hali ini hardisk SCSI berguna dalam aplikasi dimana terdapat sejumlah besar request untuk file kecil, yang sering terjadi dalam komputer yang digunakan sebagai file server.

3. Hardisk RAID
Hardisk RAID biasa digunakan dalam komputer performa tinggi atau dalam sistem yang memerlukan keandalan yang lebih tingi dari tingkat normal.

4. Hardisk SATA
Hardisk SATA dalam mentransfer data secara berurutan dan juga secara teknik SATA menyusun sendiri disk yang tersambung ke dalam motherboard tanpa adanya sistem master ataupun slave, sehingga kabel SATA hanya dapat digunakan di satu hard disk.

5. Hardisk SSD
Hardisk SSD atau Solid State Drive adalah perangkat penyimpan data yang menggunakan serangkaian IC sebagai memori yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi. Biasanya hardisk selama ini kita gunakan sebagai media penyimpanan data, sedangkan untuk hardisk SSD sudah menggunakan teknologi seperti USB Drive atau memori komputer.

Pengertian hardisk sangat beraneka ragam, tergantung faktor kegunaanya. Intinya hardisk sebagai tempat media penyimpanan didalam suatu komputer. Hardis tersebut di isi Sistem agar bisa menjalankan semua hardware dan sofwrae di komputer.
logoblog

Thanks for reading Macam Macam Hardisk

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment