Friday 6 January 2017

Cara Instal OS Laptop dan Kompi Menggunakan Flashdisk

  New Bie       Friday 6 January 2017
Dulu sebelum mengenal sofware rusus saya selalu galau setiap mau instal OS windows kompi, mengapa begitu ? kadang dvd os tersebut gak bisa kebaca dvd drive, mungkin saja dvd OS tersebut sudah aus atau tergores piringannya. Tapi kegalauan hati tersebut hilang karena adanya sofware rufus yang berfungsi untuk bootable dari OS wondows. Dengan rufus sangat membantu sekali OS kita tersayang sudah minta ganti karena driver yang sudah terinfeksi oleh virus - virus jahat.

Cara menggunakan Rufus sangatlah mudah sob, kita tinggal mengubah file dari OS windows atau Os lainnya menjadi ISO file, dan ISO tersebut tinggal di masukkan ke flasdisk menggunakan bantuan sofware rufus tersebut. Kelebihannya sobat tidak usah galau lagi dengan OS di kepingan dvd yang sudah tidak terbaca, karena file ISO tersebut sudah tersimpan didalam flasdisk atau hardisk sobat.
Okay sobat, apabila sobat belum mempunyai rufus silahkan saja cekidot disini dan langkah untuk mengbah flashdisk menjadi bootable langkahnya seperti dibawah ini :
  1. Colokkan dulu flash disk sobat, flashdisk harus berukuran 8 giga agar bisa memuat OS windows sobat.
  2. Buka sofware rufus dan device otomatis akan mendeteksi flashdisk sobat, apabila tidak terdeteksi silahkan di pilih sendiri dimana port dari flashdisk sobat. Jangan sampai keliru ya, jangan jangan natr yang jadi bootable malah partisi hardisk sobat he he he
  3. Untuk Partition scheme and target system type pilih saja MBR partition scheme for BIOS or UEFI
  4. Pilih kolom di samping kanan Create a bootable disk using dengan format ISO image
  5. Klik kotak yang bergambar DVD dan cari file ISO yang sobat taruh di hardisk
  6. langkah terakhir klik start dan tunggu hingga proses selesai dengan sendirinya.
Mudah bukan merubah flashdisk menjadi bootable menggunakan software Rufus, silahkan mencoba
logoblog

Thanks for reading Cara Instal OS Laptop dan Kompi Menggunakan Flashdisk

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment