Friday 19 August 2016

Trik Agar Kuota Tidak Boros

  New Bie       Friday 19 August 2016
Memiliki sebuah smartphone so pasti tidak lepas dari data atao kuota internet yang disediakan oleh provider selular. Harganya pun sangat berviarian menurut kuota yang telah disepakati, semakin gedhe kuota maka semakin dalam pengguna smartphone merogoh kocek untuk membelinya. Percuma beli smartphone cuman untuk sms dan call saja, nanti bisa di bilang enggak gaptek :) ....

Provider pun sekarang mengembangkan tehnologi jaringannya yang semula gprs, edge, 3g, hsdpa dan 4g. Dengan perkembangan itu bisa tidak bisa kita akan boros menggunakan data internet, semakin cepat makan semakin cepat pula kuota akan habis dan bisa tidak bisa harus beli kuota lagi.

Pengalaman saya dulu memakai Indosat M2 sangat irit sekali, mengapa ? yaaah jaringan masih gprs lola nya minta ampun, streaming youtube aja nuggunin buffer sampai 3-5 menit baru muter. Sekarang dengan perkembangan jaringan yang terus berkembang, muter youtube enggak usah buffer langsung berangkat, harap diingat daerah kamu masing masing sudah terjangkau 3G, HSDPA dan 4G apa belum.

Nah, jika kita ingin mengendalikan agar kuota awet maka harus mengetahui trik-trik agar kuota tidak cepet habis, berikut kutipannya :

Jangan Perbarui Aplikasi secara Otomatis.
Aplikasi yang disediakan di Google playstore pasti sering kali menguapdate secara otomatis, dengan update tersebut pihak pengembang akan memperbarui aplikasi lebih sempurna dari sebelumnya. Apa yang terjadi dengan perbaruan tersebut ? Kuota akan cepet habis karena perbaharuan tersebut. Untuk setingan standart Google Play pembaharuan aplikasi hanya melalui Wi-Fi, tapi bila putus dengan Wi-Fi maka secara otomatis pindah ke data internet. Cara melakukan perubahan setingan default Google Play sebagai berikut :
  1. Buka Google Play
  2. Pilih Setelan
  3. Pilih perbarui aplikasi secara otomatis dan muncul 3 pilihan. Silahkan pilih Jangan perbarui aplikasi secara otomatis ( paling atas sendiri )
  4. Hilangkan centang Perbaruan aplikasi yang tersedia dan Aplikasi diperbarui secara otomatis.
Denagn begitu Kuota agak ngirit daripada sebelumnya, di ingat juga silahkan update aplikasi secara manual saja.

Hoby Pasang Game dan Aplikasi ? pilih yang offline Saja.
Kesalahan memilih game dan aplikasi juga bisa berakibat borosnya kuota, game baru di google play bisanya harus terkoneksi dengan google + atau Faceboook, setelah itu game baru bisa kita mainkan. Kita harus jeli meilih game yang akan kita instal, agar data kuota tidak boros.

Trik Streaming Agar Irit Kuota
Memutar Radio online, musik online dan video online akan berakibat borosnya kuota data, semakin besar kualitas audio dan video maka semakin boros pula kuota. Sebagai contoh apabila ingin memutar video youtube pilih saja setingan 240p atau 144p, tapi imbasnya kualitas video agak buram. berbeda dengan kualitas yang HD gambar jernih tapi kuota cepet habis untuk muter video tersebut. Nah cara memindah kualias video youtube sebagai berikut :

  1. Buka aplikasi Youtube
  2. Klik titik kanan atas
  3. Pilih kualitas (lambang roda gigi)
  4. pilih saja yang 240p atau 144p.
Nah diatas adalah sedikit cara menekan kuota agar tidak boros dan tidak merogoh kocek yang lebih dalaaam lagi. Tapi kesemuanya itu terserah Anda semua karena itu menyangkut dengan kepuasan memilki sebuah smartphone.
logoblog

Thanks for reading Trik Agar Kuota Tidak Boros

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment