Wednesday 15 March 2017

Cara mengatasi dan memperbaiki hardisk bad sector dengan sofware

  New Bie       Wednesday 15 March 2017
Kerusakan hardisk biasa terjadi karena bad sector dan hardisk tidak terbaca oleh sistem. Kerusakan hardisk bisa terjadi karena pemakai komputer kurang jeli terhadap masalah itu, padahal kerusakan hardisk dapat terjadi karena faktor sepele yang tidak sengaja kita lakukan. Mungkin pemakai komputer pemula bingung menghadapi masalah hardisk yang tidak terbaca oleh sistem, padahal hardisk baru dibeli dari counter peralatan komputer.

Lantas apa yang kita lakukan apabila kasus tersebut menimpa kepada kita ? setidaknya kita melakukan hal sekecil apaupun agar hardisk komputer tetap awet.

  • Over Hardisk, over disini bukan berarti lebihnya hardisk yang terpasang dikomputer. Kelebihan kapasitas unutk menyimpan file di direktori C: , untuk partisi awal usahakan sistem C; lebih dari 50 GB un tuk windows 7, untuk windows 10 bisa dipartisi lebih lagi.
  • Bersihkan sampah sampah di AppData - Temp secara manual atau memaka sofware pembersih sampah yang tidak terpakai. Semakin lama kita memakai komputer semakin banyak pula samapah yang berada di Temp. Untuk melihat folder Temp silahkan di seting dulu dari Dont show hidden files menjadi show hidden files.
  • Defragmenter hardisk secara berkala agar folder bisa tertata dengan baik. Dengan mendefrag secara berkala kinerja hardisk bisa menjadi maksimal.
  • Jangan sering merestrat komputer secara paksa karena hal tersebut bisa mempercepat kerusakan hardisk.
  • Pakai UPS dan stavolt bila voltase listrik di daerah kita jelek dan UPS untuk mencegah disaat listrik pemadaman dari PLN. Jika listrik tidak stabil akan berdampak kepada fungsi hardisk mengalami read error, jika hal tersebut terjadi terus menerus hardisk akan cepat rusak.
Hal sekecil apapun bisa berdampak hardisk bad sector maka langkah diatas bisa mencegah dampak tersebut. Cara penanganan hardisk bad sector ada beberapa macam dan harus dilakukan bila kasus tersebut menimpa kepada kita, langkahnya dengan bantuan sofware, apa saja ? berikut sofware jitu unutk memperbaik hardis yang Bad Sector.
  • HDD Regenerator, HDD Regenerator adalah sebuah alat yang memudahkan untuk memperbaiki sistem dan memperbaiki kerusakan pada hard drive.
  • SpinRite, SpinRite akan memperbaiki sistem file dan harddisk yang bad sector parah bisa diperbaiki dengan sofware ini.
  • Easeus Partition Manager, Selain untuk mempartisi hardisk, sofware ini bisa untuk menghilangkan bad sector hardisk.
  • HDD Low Level Format Tools, memakai sofware ini agak sedikit ribet karena hardisk bad sector harus dipindah ke komputer lain yang sudah terinstal HDD Low Level Format Tools. Namanya saja format pasti data data didalamnya akan hilang semua, mungkin langkah ini langkah terakhir untuk menyelamatkan hardisk yang bad sector.
  • Victoria, Victoria ada beberapa macam, Disk manager for all, HDD repair, partition recovery dan lain lain. Tinggal pilih saja kegunaan untuk apa agar bisa menyeleaikan masalah hardik.
Semoga artikel cara mengatasi dan memperbaiki hardisk bad sector dengan sofware bisa bermanfaat buat sobat semua
logoblog

Thanks for reading Cara mengatasi dan memperbaiki hardisk bad sector dengan sofware

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment