Tuesday 14 March 2017

Metode Hacker dan Cracker Masuk Ke Jaringan

  New Bie       Tuesday 14 March 2017
Komputer yang terhubung ke jaringan internet dampak positif banyak sekali, kita bisa melihat apa yang terjadi saat ini, entah itu kabar dalam negeri maupun luar negeri. Tapi bia dilihat dari dampak negatifnya juga sangat rawan sekali, sebuah komputer sangat rawan terhadap penyusupan dari luar. User luar dapat menyusup ke komputer yang terhubung dengan internet dan mengambil data data yang tersimpan untuk keuntungan pribadi.
Istilah penyusupan ke komputer dengan jaringan internet adalah Hacking dan Cracking. Untuk pelaku hacking disebut hacker dan cracking disebut cracker.

Hacking adalah usaha memasuki sebuah jaringan komputeri dengan tujuan mengexplore atau mencari kelemahan sistem jaringan secara ilegal. Cracking adalah usaha memasuki jaringan secara ilegal dengan tujuan mencuri, merubah atau menghancurkan file yang disimpan di jaringan komputer tersebut.

Berikut ini beberapa metode atau cara kerja yang digunakan hacker maupun cracker untuk menyusup ke sebuah jaringan komputer.

SPOOFING
bentuk penyusupan dengan cara memalsukan indetitas user sehingga hacker dapat masuk ke subuah komputer secara ilegal. Pemalsuan indetitas user ini menyebabkan hacker dapat login seolah-olah sebagai user atau admin asli.
SCANNER
menggunakan sebuah program yang secara otomatis akan mendeteksi kelemahan dari sistem keamanan jaringan komputer dijaringan lokal atau dijaringan komputer lain. Sebagai contoh hacker yang berada di Jerman bisa mielihat kelemahan sistem keamanan sistem jaringan komputer di Indonesia.
SNIFFER
Program ini berfungsi sebagai penganalisa jaringan dan bekerja untuk memonitor jaringan komputer, Program tersebut untuk mengatur kartu jaringan Land ard utnuk memonitor dan menangkap semua lalu lintas paket data yang melalui jaringan tersebut tanpa memperdulikan kepada siapa paket data tersebut dikirimkan.
PASSWORD CRACKER
Program ini dapat memb password yang sudah terenkripsi dengan aman. Selain itu, password cracker bekerja untuk menghancurkan sistem keamanan password.
DESTRUCTIVE DEVICE
Program diatas dapat berupa virus yang dibuat khusus unutk mengubah bahkan menghancurkan data didalam komputer. Banyak sekali sistem kerja virus tersebut, kemungkinan besar sobat juga pernah merasakan file file penting sobat terinfeksi virus.

Apa yang kita lakukan agar aman dari serangan hacker dan cracker diatas ? Ada beberapa tehnik untuk menjaga keamanan data didalam jaringan komputer. antara lain sebagai berikut.

INTERNET FIREWALL
Jaringan komputer yang terhubung dengan jaringan komputer perlu dilengkapi dengan internet firewall. Interntet firewall ini berfungsi untuk mencegah akses user dari luar masuk kesistem internal komputer. Intinya data data yang berada diinternal komputer tidak bisa diakses oleh pihak luar yang tidak bertanggung jawab. Firewall bekerja dengan 2 cara yaitu menggunakan filter dan proxy.
  1. Firewall Filter akan menyaring komunikasi agar terjadi seperlunya saja, hanya aplikasi tertentu yang dapat lewat dan hanya komputer dengan indetitas tertentu saja yang dapat berhubungan.
  2. Firewall Proxy berarti mengizinkan pemakai dari dalam dalam untk mengkases internet seluas luasnya, namun dari luar internet hanya dapat mengakses satu jaringan komputer saja.
KRIPTOGRAFI
Kriptografi adalah seni menyandikan data. Ada dua proses yang terjadi dalam kriptografi, yaitu proses enkripsi dan deskripsi. Proses Enkripsi adalah proses mengubah data asli menjadi data sandi dan Deskripsi adalah proses mengembalikan data sandi menjadi data asli.

SSL [SECURE SOCKET LAYER]
Jalur pengiriman data lewat internet melalui banyak transisi dan dikuasai oleh banyak orang. Hal tersebut dapat menyebabkan pengiriman melalui internet rawan oleh penyadapan. Oleh karena itu, peramban atau browser dilengkapi dengan secure socket layer yang berfungsi untuk menyandikan data. Dengan cara diatas, komputer yang berada diantara komputer pengiriman dan penerima tidak dapat lagi membaca isi data.

Jaringan komputer mempunyai sistem kerja yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, jadi untuk keamanan resikonya cukup besar pula. Maka kita bisa berupaya dan berusaha agar data diinternal atau ekternal komputer aan dari kriteria kriteria diatas.
logoblog

Thanks for reading Metode Hacker dan Cracker Masuk Ke Jaringan

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment