Sunday 5 March 2017

Penyebab dan Perawatan Utama Flashdisk Mati Total

  New Bie       Sunday 5 March 2017
Flashdisk merupakan salah satu media penyimpanan ekternal yang ngehit saat ini, disamping simple juga kapasitasnya juga mumpuni. Masalah yang sering terjadi pada flashdisk sebagian besar mati secara tiba-tiba dan hal tersebut sangat merugikan pemiliknya, didalamnya terdapat data-data penting. Flasdisk mati tiba tiba mungkin masalah yang tidak aneh lagi, tentunya juga kita harus mencermati dan mempelajari agar flasdisk aman selama kita pakai. Penyebab utama yang paling fatal seperti dibawah ini :
  1. Flashdisk tercebur atau ikut kerendam keair, masalah ini pernah terjadi kepada saya sendiri. Kebetulan flashdisk dipinjem sama temen, saat dipake dia katanya ikut kerendam waktu mencuci celana. Tololnya lagi dia tidak bilang, mungkin takut atau gimana saya tidak habis pikir. Saat flashdisk dikembalikan benar benar mati, saya colokkan ke laptop sama sekali tidak ada reaksi.
  2. Flashdisk di enjek ketika masih melakukan transfer, atau flashdisk yang masih tertancap dilaptop dicabut secara tiba-tiba. Hal ini juga mempengaruhi umur dari flashdisk itu sendiri, biasanya flashdisk minta diformat sendiri, ketika melakukan pemformatan alhasil juga tidak bisa. Nah hal ini adalah tanda tanda flashdisk minta diganti dengan yang baru.
  3. Jalur pucuk port USB flashdisk putus, hal ini bisa disebabkan karena terjatuh, tidak sengaja kita duduki si flashdisk atau ke injek oleh kaki sendiri. Jalur yang putus juga menyebabkan flashdisk tidak bisa dibaca oleh sistem. Tapi jangan panik, bila sobat mengalami hal seperti ini langsung saja flashdisk di bongkar dan di sambung lagi jalur port USB yang putus.
Perawatan agar fashdisk tetap aman dan awet sebenarnya sangat mudah sekali sobat, tentunya harus menaati peraturan seperti dibawah ini :
  1. Eject trans memory terlebih dahulu bila ingin mencabutnya
  2. Simpan flashdisk di tempat ruagan yang tidak lembab, karena kelembaban udara yang tinggi akan menyebabkan jamur karena kotran debu didalam flashdisk itu sendiri.
  3. Jangan menjatuhkan flashdisk kelantai karena akan merusak sirkuit didalamnya, fatalnya lagi ada komponen yang rusak. Karena flashdisk komponennya terdiri diari komponen micro effeknya tidak bisa diperbaiki.
  4. Jangan sering meformat flashdisk, mending dihapus manual.
  5. Hindarkan dari debu diudara bebas, hal tersebut juga bisa membuat konektor sepet aus, kalau bisa tutup flashdisk jangan dibuang karena akan menjaga debu dari udara bebas masuk ke falshdisk.
  6. Sekali waktu di defragment aga kinerjanya tetap terjaga
Begitulah penyebab flasdisk mati total dan cara perawatan flashdisk agar tetap aman dan awet, semoga bermanfaat dan selamat beraktifitas ...
logoblog

Thanks for reading Penyebab dan Perawatan Utama Flashdisk Mati Total

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment