Thursday 19 October 2017

SD Card Cepat Rusak ? Berikut Cara Merawatnya

  New Bie       Thursday 19 October 2017
Perkembangan tehnologi komputer bisa dibilang pesat sekali, dulu media penyimpan exsternal hanya menggunakan disket maupun zipdisk. Dimasa sekarang barang itu sudah tidak berguna, exsternal media storage pun mengikuti berkembangnya zaman sesuai tuntutan dari Universal serial Bus CPU maupun laptop.
Menggunakan media storage flash disk maupun SD Card bisa dibilang cepat saat mengirim data film, lagu dan data lainnya. Tapi banyak pula masalah yang sering kita hadapi, disk error, tidak dapat diformat fatalnya SD card tersebut tidak bisa dibaca oleh CPU, laptop dan gadged lainnya. Bagaimana cara merawat SD card agar awet dan tidak cepat rusak ? berikut cara perawatan untuk SD card tersayang.
  1. Letakkan SD Card di tempat yang aman tapi mudah diingat, jangan sampai lupa karena SD Card bentuknya kecil sekali.
  2. Jauhkan dari radiasi, medan magnet dan sinar X, jangan sampai SDcard terkena terik matahari hal itu dapat menyebabkan kerusakan fatal.
  3. Hindarai air untuk agar masa pemakaian bisa awet. SD card dirancang tahan dengan air, akan tetapi bila kerendem terlalu lama pasti akan rusak juga, jadi jauhkan dari air.
  4. Saat memasukkan SD Card di slot card reader dan media lainnya jangan dipaksa, lihat intruksi dari media yang baru anda beli. Kadang saat memasang ke card reader kita memaksa padahal posisi terbalik, maka dapat menyebabkan kerusakan fisik SD Card.
  5. Jangan mencaput SD ard saat sedang mentransfer data, hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan. Tehnologi terbaru untuk SD Card adanya fitur Hot_Swap, SD Card dapat dicabut tanpa Eject Trans Memory, saya menhimbau lakukan langkah sesuai prosedur agar SD Card tetap awet.
  6. Jangan paksa SD Card bekerja diperangkat laptop dan Smartphone yang low baterai, hal itu akan menambah beban berat SD Card semakin bekerja berat. Selain itu bisa menyebabkan data-data yang ada didalamnya mengalami kerusakan bahkan bisa hilang.
Nah, cara merawat SD Card agar tetap awet seperti kutipan diatas. Perlu diingat juga, namanya baran elektronika, kita juga tidak tahu kapan rusaknya SD ard, yang penting kita menjada dari kesalahan kecil agar tidak menjadi penyebab kerusakan SD card.
logoblog

Thanks for reading SD Card Cepat Rusak ? Berikut Cara Merawatnya

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment