Friday 16 September 2016

Mengenal Tentang Spesifikasi Proseccor

  New Bie       Friday 16 September 2016
Seri procecor kadang membuat bingung bagi pembeli yang masih baru, dulu sewaktu saya beli juga berpikiran begitu, bebrapa seri Intel maupun AMD sama serinya tapi ada spesifikasi lain yang membuat bingung.

Misal Intel Core2Duo Processor T5500 1,6 GHz, 2MB cache memory, 667MHz FSB denagn Core2Duo Processor T7600 2,33 GHz, 4MB cache memory, 667MHz FSB. Keduanya sama seriesnya, yaitu Intel Core2Duo tapi spesifikasinya yang berbeda. spesifikasi Cache Memory, Clock Speed dan Front Side Bus itulah yang beda kinerja dari prosesor, semaki besar kinerja prosesor semakin bagus.

Cache Memory
Cache Memory sebagi tempat menyimpan sementara data yang baru atau sering kita akses. Menyimpan data data tertentu dalam cache akan mempercepat sistem operasi laptop. Besarnya cache diukur dalam megabytes ataupun kilobytes, semakin besar cachenya akan semakin bagus pula kinerjanya. Berbeda dengan cache peramban web yang sering kita gunakan, semakin banyak akan menambah beban dan membuat kacau peramban web tersebut.

Clock Speed
Clock Speed adalah kecepatan internal prosecccor yang tertanam di laptop kita, Clock Speed akan menunjukkan kecepatan proseccor dalam memproses data yang kita buka. Perlu diketahui, walaupun Clock Speed nya besara tapi kalau tidak barengi dengan RAM memory besar hasilnya akan sia-sia. Sebagai contoh speda motor Honda C70 yang memakai kaburasi Supra X, walaupun kaburasinya ke atasnya tapi kalau mesinya cuman 70 CC tetep aja larinya tidak bisa wuzz.

Front Side Bus
Front Side Bus menunjukkan seberapa besarkah jalur kecepatan yang menghubungkan dengan hardware yang berada di dalam laptop. Dengan kata lain Front Side Bus merupakan bi directional, kecepatan yang data dapat mengalir dua arah, memungkinkan hardware mengirim dan menerima data dari CPU tersebut. Dengan banyaknya data yang lalu lalang melewati Front Side Bus, maka secara keseluruhan kinerja komputer tergantung dengan kecepatan Front Side Bus.

Nah semoga artikel diatas bermanfaat ubtuk sahabat semua, terutama sahabat yang baru mempunyai laptop baru, semoga bermanfaat ....
logoblog

Thanks for reading Mengenal Tentang Spesifikasi Proseccor

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment