Wednesday 22 March 2017

Mengatasi Laptop Tidak Bisa di Charger

  New Bie       Wednesday 22 March 2017
Laptop bila dilihat dari efisienya pasti yupz banget, bisa dibawa kemana-mana dan bisa digunakan kapanpun dan dimanapun, itulah sisi portabilitas dari sebuah Laptop.

Dilihat dari fungsi portabilitas, laptop sanagt membantu bagi kita semua kerena tanpa tergantung dari tegangan listrik apabila betarai sudah terisi penuh. Akan tetapi bila icon baterai di taksbar sudah minim harus secepatnya di charger agar baterai terisi lagi, berarti portable nya udah ilang dong :D.

Berbeda dengan Komputer harus selalu terhunbung dengan tegangan listrik, apabila PLN ada jadwal oglangan atau mati lampu, hadeuh :( gak kebayang project photoshop ilang, lupa belum di save. Tapi bila menggunakan laptop, hal tersebut bisa teratasi karena funsi portable dari laptop itu sendiri.


Jadi jika bateari sudah low, fungsi portabel sudah sirna harus cepet-cepet dihubungkan dengan listrik agar terisi kembali. Sakitnya tuh ada disini ! laptop tidak bisa di charger oleh charger adaptor laptop, gimana coba galau kan ? Apabila mengalami kasus seperti ini, jangan panik dan galau dulu, cek dulu dari kabel adaptor, steker adaptor, dan adaptor laptop.

Kabel Adaptor
Kita cek dulu, jangan-jangan kabel penghubung dari tegangan listrik ke adaptor bermasalah, gampangnya kabel tersebut putus. Jika putus di charger sampai kapanpun pasti baterai laptop tidak akan terisi. untuk mengujinya, pinjam kabel milik teman, sauadar atau pacar tercinta. Atau dicoba dengan kabel listrik magic jar atau kabel game console PS 2. Apabila masalah berada di kabel langsung saja beli kabel baru, mudah bukan ?

Steker adaptor
Jika kabel masih bagus cek juga steker adaptor charger, biasanya dalemannya sudah aus atau kendor, bisa juga kaitan di dalam steker adaptor charger sudah terputus karena karat atau lamanya penggunaan steker adaptor charger itu sendiri.

Kabel Adaptor ke Laptop
Cek juga kabel dari adaptor ke laptop, bisanya gampang ptutus karena faktor kesalahan kita sendiri. Kesalahan ketika menggulung kabel saat selesai men-changer laptop, kabel yang teraliri tegangan biasnaya gampang panas dan lentur, jadi harap hati-hati saat mengguling kabel setelah men-changer laptop.

Adaptor laptop
Jika Kabel Adaptor dan Steker adaptor masih oke, cek inti dari changer baterai laptop yaitu adaptornya. Langkah ini bisa dicoba dengan adaptor se-Brand dari laptopnya, bila menggunakan adaptor lainnya laptop bisa dichanger berarti adaptornya minta yang baru.

Port Changer Laptop
untuk port laptop jarang banget :) , asalkan si empunya laptop tidak ceroboh saat menancapkan, mencabut dan perwatan laptop.

PCB Mainboard laptop
untuk PCB mainbordnya harus di kirim ke service center, karena membutuhkan peralatan yang memadai untuk memperbaikinya.

Baterai laptop sepertinya tidak menjadi soal apabila Laptop Tidak Bisa di Charger. Baterai yang sudah hapir wafat biasanya di charger ngisinya cepet sekali dan habisnya juga cepet sekali ! jadi untuk mengatasi  Laptop Tidak Bisa di Charger bisa melakukan langkah langkah diatas.
logoblog

Thanks for reading Mengatasi Laptop Tidak Bisa di Charger

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment