Saturday 22 April 2017

Virus Komputer Berbahaya Sepanjang Sejarah

  New Bie       Saturday 22 April 2017
Dengan berkembangnya vendor software dunia komputer, virus komuter juga tidak mau ketinggalan, penyebaran semakin luar biasa. Yang diserang bukan newbi saja, komputer perusahaan besarpun tak luput dari ganasnya serangan virus.

Virus mempunyai kemampuan untuk menggandakan diri dengan menyisipkan programnya kedalam sebuah file komputer. Virus komputer menyebar dengan cepat pada file-file didalam sebuah komputer, bahkan menulari komputer lain melalu jaringan internet dan media falshdisk. Virus komputer ada dua macam ;
  1. VIRUS, program yang dibuat dengan kemampuan untuk berkembang secara otomatis untuk merusak file sistem komputer.
  2. WORM, sama seperti diatas tetapi worm tidak memiliki kemampuan untuk berkembang biak.
Kehadiran virus sangat mengganggu pemakai komputer, virus seringkali mengganggu dan menghentikan kinerja komputer. Seiring dengan perkembangan virus dunia, maka efek dari penyakit ini semakin banyak, yaitu;
  1. Virus dapat menyebar melalui pesan email, contoh virus sobig yang mampu membuat trafik e-mail semakin besar, imbah server menjadi lambat bahkan menjadi crash. Apabila hal ini sampai terjadi, satu-satunya jalan harus menghentikan server dari email tersebut.
  2. Mencuri data konfidntal, contohnya Worm Bugbear-D. Virus ini mampu merekam keystore keyboard kita dari password dan sebagainya. Apa yang terjadi semisal email pribadi kita di curi oleh Worm Bugbear-D ? pasti hanya pasrah dan berdo'a semoga email dan password dikembalikan.
  3. Memakai komputer kita untuk menyerang website, contoh virus MyDoom. Virus ini menginfeksi banyak komouter diseluruh dunia untuk menyerang website SCO dengan traffik data yang sangat besar. Situs bila sudah diserang oleh MyDoom akan terbebani dan akhirnya crash, fatal tidak bisa melayani pengguna lain. Masalah seperti ini bisa juga dinamakan denial of service.
  4. Membiarkan orang untuk membajak komputer kita, contoh virus Trojan backdoor. Virus ini akan membuat komputer kita bisa terhubung dengan si pembuat virus tersebut. Resiko ! komputer yang penuh dengan data penting akan dimanfaatkan lebih lanjut sesui keinginan dari sipembuat virus Trojan backdoor.
  5. Merusak data, contohnya virus Compatable. virus ini dapat membuat perubahan pada data yang kita simpan di MS excel
  6. Menghapus data, contohnya virus Sircam. Virus ini berusaha untuk menghapus dan meng-overwrite hardisk kitanpada suatu waktu tertentu dan tidak akan terduga sebelumnya.
  7. Mendisable hardware komputer, contohnya virus CIH atau Chernobly.. Virus ini berusaha untuk meng-overwrite chip BIOS di tanggal 26 april dan membuat komputer tidak berfungsi sama sekali.
  8. Menimbulkan hal-hal yang aneh dan mengganggu, contohnya virus worm Netsky D. Virus ini dapat membuat komputer kita berbunyi beep secara spontan untuk beberapa jam lamanya.
  9. Menampilkan pesan tertentu, contohnya virus Cone. Virus ini akan menampilkan pesan berbau politiknjika bulan menunjukkan bulan mei.
  10. Merusak kedibilitas kita. Jika virus memforward dirinya sendiri dari komputer kita ke kompputer rekan bisnis, maka akan merusak reputasi kita apabila kita berkecimpung didunia bisnis. Padahal reputasi baik itu sangat mahal harganya. Effek rekan bisnis tidak mau bekerjasama dengan kita bahkan menuntut kompensasi dari kita.
  11. Membuat malu kita, contohnya virus Polypsot. Virus ini akan memposting dokumen dan nama kita pada newsgroup yang berbau pornografi.
Daftar Pustaka : Kupas Tuntas Virus Komputer, Penyusun : Musonif dan Setria, Penerbit : Nobel Edumedia, Jl.Rawagelam III No. 4 Kawasan Industri, Pulogadung, Jakarta,13930.
logoblog

Thanks for reading Virus Komputer Berbahaya Sepanjang Sejarah

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment