Thursday 6 April 2017

Jangan Ada Kesalahan Membeli Laptop Bekas

  New Bie       Thursday 6 April 2017
Sebelum memebeli laptop bekas, harus dicek secara jeli dan teliti agar tidak ada penyesalan ketika sudah dibeli. Laptop bekas berbeda dengan laptop baru yang ada garansi dari brand laptop, kalau secong tinggal saling percaya, misal ada penjual jujur pasti ngomong apa adanya, penjual pinter :V pasti omongannya setinggi langit :).

Pemilik menjual laptop karena adanya beberapa faktor, kebutuhan, jenuh dan ganti baru lagi atau laptop bermasalah. Misal ada penjual untuk kebutuhan atau jenuh karena ingin ganti lagi pasti laptopnya 80% masih aman. Tetapi menjual karena laptop bermasalah itulah yang wajib kita ketahui.

Source from buka lapak
Nah buat teman teman yang ingin membeli laptop bekas, harus mengecek kesehatan dari laptop yang mau dibeli, caranya sebagai berikut :

Cek Keyboard
Cek kesehatan keyboard laptop dulu menggunakan notepad untuk tombol satu persatau. Selain menegcek menggunakan notepad, teman teman bisa menggunakan aplikasi gratis yaitu Aqua Key Test. Aplikasi ini bisa mengecek kesehatan dari keyboard laptop, bila keyboard bermasalah tampilan Aqua Key Test pasti tertekan terus padahal keyborad laptop tidak kita tekan.

Cek Baterai
Untuk mengecek baterai agak gampang gampang susah, pasalnya baterai yang belum rusak parah belum kelihatan titik masalahnya. Baterai yang rusak parah pasti tidak bisa di changer, dan ketika changer di cabut laptop langsng mati. Ada juga peringatan silang merah di indikator baterai 'battery not detected' atau 'replacing your battery'. Bisa juga waktu laptop dichanger baterainya cepet penuh tapi habisnya daya juga cepeat habis.

Layar LCD
Cek dulu layarnya dengan teliti, apakah ada garis garis hitam vertikal atau tidak, garis hitam bisa disebabkan oleh kabel fleksibel laptop yang bermasalah. Selain manual bisa menggunakan bantuan aplikasi gratis Pixel repairer.

DVD ROOM
Kadang hardware satu ini paling sering terlupakan, mungkin sudah adanya flashdisk untuk tranfer data, padahal DVD masih banyak gunanya yaitu untuk instal OS, Game dan kebutuhan lainnya.

ADAPTOR CHANGER
teliti adaptor changer, apakah masih original atau tidak, pengaruh jangka panjang charger laptop beda amper sangat beresiko, bisa jadi laptopnya cepet rusak. Lihat dulu baterai laptop original atau KW dengan mengecek stiker atau tulisan yang ada di adaptor changer, apakah sama dengan brand laptop atau adaptor changer universal.

CEK TOUCHPAD
Wajib dicek touchpad laptop masih sehat atau sudah masuk angin, gejala touchpad yang sudah error biasanya tombol kursor bergerak sendiri. kursor touchpad  mouse selalu ada di samping, bawah pojok dan berlati kesana kemari.

VGA
Bila laptop sudah dual VGA silahkan cek untuk ngegame, apakah game yang kita mainkan dengan VGA default atau VGA khusus game. Caranya dengan klik kanan game - Run with graphics Proseccor - High perform Nvidia/AtiRadeon Proseccor.

AUDIO
Cek konektor headphone masih aman atau tidak, selama ini tidak ada kasus untuk earphone, kasusnya karen driver audio belum terinstal dengan benar.

Tips membeli laptop second harus dibutuhkan ketelitian, tips diatas hanya sebagian kecilnya saja, saya hanya memberikan gambaran daripada menyesal ketika laptop sudah kebeli, jangan sampai teman teman salah membeli laptop palsu menjadi asli.
logoblog

Thanks for reading Jangan Ada Kesalahan Membeli Laptop Bekas

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment