Friday 27 November 2015

Souncard dan Fungsinya

  New Bie       Friday 27 November 2015
Soundcard menurut ilmu komputer adalah suatu alat yang terdapat di dalam mobo atau alat external yang berfungsi sarana multimedia. Oleh sebab itu, soundcard didalam sebuah kompi sangat berperan sekali, kompi tanpa souncard ibaratnya kompi yang tidak bisa berbicara. Vendor Sound Card terkenal antara lain adalah Creative Labs, Turtle Beach Systems, Advanced Gravis, Yamaha, dan ESS Technology dan lain-lain.

Fungsi dari Soundcard sebagai synthesizer, sebagai MIDI interface, pengonversi data analog ke digital. Didalam sebuah perusahaan musik souncard sangat berpengaruh terhadap audio, dengan souncard yang bagus maka output mastering dan hasilnya akan bagus pula. Adapun macam-macam souncard seperti dibawah ini :
  • Sound Card Onboard, soundcard yang menempel langsung pada mobo komputer. Soundcard ini biasanya sudah terpasang ketika kita membeli mobo baru, bentuknya chipset sedangkan untuk kinerja biasanya dibantu oleh prosesor.
  • Sound Card Offboard, soundcard yang pemasangannya melalui slot PCI pada mobo komputer. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI. Souncard ini bentuknya seperti VGAcard dan akan menghasilka audio yang sangat bagus sekali. Souncard PCI bisanya digunakan untuk mastering musik, pembuatan dubing audio dan lain lain.
  • Soundcard External, soundcard yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB. Souncard ini lebih fleksibel karena bisa dibawa kemana mana. Contoh vendor yang mengeluarkan souncard exsternal adalah behringer UCA.
Diatas adalah sebagian kecil pengertian souncard beserta fungsinya, silahkan pilih sendiri untuk aktifitas Anda.

logoblog

Thanks for reading Souncard dan Fungsinya

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment