Saturday 3 September 2016

Tips Agar Baterai Laptop Tercinta Tahan lama

  New Bie       Saturday 3 September 2016
Laptop mempunyai baterai yang memberikan suplly daya ke laptop ketika tidak tersambung adaptor. Daya tahan baterai laptop tergantung penggunaan pengguna laptop tersebut, bisa juga karena faktor dari kondisi dan keadaan sekitar kita, misalnya: default program berjalan, setting kecerahan layar, suhu ruangan kerja dan faktor lainnya. Optimalakan penggunaan baterai dengan memaksimalkan setingan di kontrol panel, agar baterai awet ketika digunakan diluar ruangan yang tidak ada catu daya listrik.

Karena grafik pemakaian dari laptop tersebut terus meningkat, istilahnya laptop digunakan terus menerus untuk menunjang tugas dari kantor atau tugas lainnya maka daya tahan baterai semakin menurun. Terus terang saja perang yang satu ini memang sangat rentan ketahanannya dabandingkan denganharware lainnya. Menurut cerita dari teman teman semua, baterai laptop umurnya 12 hingga 18 bulan dengan pemakaian di luara kewajaran, pasti 80 % bateari akan drop. Pengalaman saya sendiri, laptop saya pakai 7 bulanan baterai udah borosnya minta ampun, daya tahan sekitar 1 jam, jadi laptop harus tersambung dengan adaptor terus agar tetep bisa untuk menulis artikel ini.

Kali ni saya akan memberikan tips agar baterari lebih awet dan sedikit untuk memperpanjang usia baterai tercinta :
  1. Daya Listrik Stabil. Pstikan daya listrik didaerahmu stabil paling enggak sekitar 200 volt agar aman saat mencharge laptop, apabila voltase kurang dari 200 volt pakai saja regulator yang automatis [pakai motor didalamya]. Saat baterai sudah terisi penuh, sebaiknya lepas charge untuk menjaga kualitas cell dari arus yang tidak stabil. Walaupun melewati adaptor, komponen pens-tabil arus ini punya range kerja atau batas kemampuan. Kondisi tersebut juga berbahaya dan dapat merusak hardware laptop tercinta.
  2. Matikan Fitur Yang Tidak Perlu. Matikan fitur apabila tidak dibutuhkan seperti, WiFI, Bluetooth, dedicated grafis, atau sofware pendukung lainnya.
  3. Baterai Jangan Sampai 0%. Usahakan baterai jangan kehabisan daya, karena aktifitas pekerjaan yang meumpuk sebagai pengguna kita lalai kana baterai yang sudah waktunya di charge. Apabila itu sering terjadi, cell dalam baterai semakin banyak yang mati dan tidak dapat memuat elektron listrik saat dicharge.
  4. Laptop Juga Perlu Istirahat. Laptop berbeda dengan komputer, komputer memang dibuat untuk kerja keras, dan harware pendukungpun berbeda dengan hardware pendukung laptop. Sebenarnya laptop juga bisa di ajak untuk kerja keras, akan tetapi prosentase keawaetan labih panjan komputer dobandingkan laptop. Maka usahakan jangan digunakan secara paksa, harus ada waktu istrahat untuk laptop tercinta.
Nah diatas sedikit uraian agar barterai laptop tahan lama, semoga berguna bagi sahabat semua ...
logoblog

Thanks for reading Tips Agar Baterai Laptop Tercinta Tahan lama

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment