Tuesday 6 December 2016

Mengetahui Laptop Atau Komputer Tidak Mau Hidup

  New Bie       Tuesday 6 December 2016
Sebelum mempunyai laptop atau komputer dekstop, alangkah baiknya kita mengetahui hal sekecil apapun yang menyebabkan laptop atau komputer tidak bisa hidup, dengan kata lain laptop atau komputer bermasalah. Apabila mengalami hal tersebut, secara tidak langsung kita akan panik, apakah benar laptop atau komputer yang baru 3 bulan saya beli sudah bermasalah. Untuk pembelian laptop atau komputer baru pasti masih punya garansi resmi dari branded yang kita beli, tapi kalau kita membeli laptop atau komputer bekas ? disini saya akan memberikan hal hal yang perlu diketahui sebelum mempunyai laptop atau komputer.

1. Laptop atau komputer tidak bisa hidup sama sekali
Permasalahan ini sangat wajar, mungkin karena pengaruh pemakaian yang melebihi batas. secara tidak langsung ada hardware ada yang menjelang wafat. Nah apabila kita mengalami hal di atas harus kita telusuri dari awal :
  • Untuk laptop, cek kabel adaptor penghubung dari AC dan kabel yang menuju ke laptop, barangkali disitu letas masalahnya, mungkin kabel penghubng putus juga adaptor bermasalah. Kita bisa mencoba dengan mencoba adaptor laptop yang sama dengan branded laptop kita. Untuk masalah baterai cellnya tidak akan sefatal itu, walaupun baterai cell di copot pasti masih bisa untuk loading ke windows kalau adaptor laptop tidak bermasalah. 
  • Untuk Komputer, cek kabel penghubung ke power supply apakah benar benar aman, apabila kabel masih aman langsung ke power supply, apakah power supply bekerja dengan semestinya. Caranya cek satu persatu kabel out put tegangan dengan voltmeter, apabila masih ragu silahkan datang ke bengkel elektronik untuk mengecek power supply tersebut. Apabila power suplly bermasalah jangan beli baru dulu ! usahakan dicoba dengan power supply lain yang masih bisa bekerja dengan baik, jangan jangan motherboardnya yang wafat karena konslet atau apa apalah dan ada arus balik ke power suplly, akhirnya power suplly wafat juga. langkah ini memang agak exstrem ! takutnya power supply untuk mencoba ikut wafat juga.
Laptop atau komputer yang tidak bisa hidup faktror utamanya dari tegangan power supply. Untuk masalah motherboard komputer masih bisa hidup tapi layar led hanya blank hitam saja, biasanya.
kabel aman, adaptor atau power supply aman, tapi tetap layar hanya blank hitam ? ganti mothreboard untuk kompi ! untuk laptop silahkan tanya jawab ke distributor !
2. Booting Sukses Tapi Tidak Masuk Ke Windows
Selain diatas ada juga laptop atau komputer yang bisa masuk ke bios tapi tidak bisa masuk kesistem, hal tersebut dikarenakan hardisk yang bermasalah, entah itu ada kabel ata atau sata yang kotor atau tidak terpasang seperti mestinya.
  • Copot kabel penghubung hardisk ke motherboard, bersihkan dengan alkohol hingga bersih.
  • Apabila tidak ada pekerjaan, silahkan bersihkan semua kabel penghubng satu persatu, kemungkinan ada debu yang masuk didalamnya yang menyebabkan hubungan arus pendek di dalam socket tersebut.
Secara logika, saat kita menghidupkan laptop atau komputer booting pertama pasti menscan hardware laptop atau komputer dan yang terakhir akan masuk kesistem. sistem tersebut berada di hardisk dengan nama Local Disk (C:). Langkah tepat cek dulu kabel penghubung dari hardisk tersebut, jangan memvonis hardisk mati, siapa tahu kabelnya yang bermasalah karena debu. Nah apabila masalah masih tetap teratasi, baru kita merogoh saku untuk membeli hardisk baru.
Masalah ini biasanya membuat kita pusing tujuh keliling ! sebaiknya kita cek satu persatu untuk mengetahui masalah dari laptop atau komputer yang tidak mau hidup, baru mengambil keputusan dari masalah tersebut
Semoga Bermanfaat 
logoblog

Thanks for reading Mengetahui Laptop Atau Komputer Tidak Mau Hidup

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment